Senin, 17 Juni 2013

PERAN DAN FUNGSI PERAWAT DALAM KEPERAWATAN ANAK



Peran adalah tingkah laku yang diharapkan oleh orang lain terhadap seseorang sesuai kedudukannya dalam suatu sistem peran. Secara ringkas Peran dapat diartikan sebagai tingkah laku yang diharapkan. Sedangkan fungsi mempunyai arti dan pengertian tugas yang dilaksanakan sesuai dengan peran perawat. Perawat mempunyai peran dan fungsi yang komplek dan komprehensif dalam dunia kesehatan. Terkait dengan kesehatan anak, maka peran dan tingkah laku yang diharapkan dari seorang perawat antara lain sebagai berikut: Sebagai pelaksana pelayanan perawatan Pendidik Peneglola dalam bidang pelayanan perawatan dan institusi pendidikan keperawatan Sebagai evaluator/peneliti Fungsi/Tugas Perawat Professional Ada 3 fungsi utama perawat professional :
1.      Fungsi mandiri (independent) yaitu melakukan tugas-tugas sesuai dengan otonomi dan kewenangannya. 
2.      Fungsi tergantung (dependent) yaitu saling tergantung dengan sejawat lain dimana fungsi-fungsi ini dikerjakan atu dilakukan atas peran profesi lain 
3.      Fungsi kolaborsi (interdependent) yaitu mengadakan rujukan atau konsultasi ke profesilain untuk bantuan asuhan kesehatn/perawatan/pelayanan kesehatan. 
Ada dua peran utama perawat yang sudah banyak dilaksanakan, yaitu: 
·         Pelaksana pelayanan perawatan kepada anak balita, pra sekolah, masa sekolah.
·         Peran sebagai perawat pengelola yaitu mengelola pelayanan keperawatan anak. 
Apa saja fungsi dan peran perawat di instansi pelayanan kesehatan baik di Rumah Sakit atau Puskesmas? Berikut ini adalah deskripsi yang menunjukkan peran dan fungsi perawat di Rumah Sakit dan Puskesmas 
Peran dan Fungsi Perawat di Rumah Sakit: 
Peran sebagai pelaksana pelayanan kesehatan, Perawat mempunyai fungsi: Menyiapkan fasilitas dan lingkungan poliklinik untuk memudahkan pelayanan, Pengkajian, Pelaksana, yaitu melakukan tindakan darurat ketika diperlukan, Melaksanakan pencatatan dan pelaporan sesuai sistem yang berlaku 
Peran sebagai perawat pengelola, perawat berfungsi: Pembibimbing pekerja kesehatan atau peserta didik yang sedang melakukan praktek, Mengawasi pemeliharaan buku register dan kartu pasien, Menyusun permintaan kebutuhan alat, obat dan bahan yang diperlukan. 
 Peran dan Fungsi Perawat di Puskesmas: 
Peran sebagai pelaksana pelayanan kesehatan, perawat mempunyai fungsi: Mengkaji kebutuhan dan status kesehatan pasien yang datang ke puskesmas, Melakukan tindakan darurat, Melaksanakan sistem pencatatan dan pelaporan mengenai pelaksanaan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Peran sebagai pengelola, perawat mempunyai fungsi: Membimbing prakarya RT, pelaksanaanprogram KIA, Membantu dalam administrasi pasien.
Peran dan fungsi perawat di Posyandu :
Peran sebagai pelaksana pelayanan perawatan, perawat mempunyai fungsi: Memberi imunisasi kepada ibu, bayi dan balita, Melaksanakan penyuluhan kepada pasien, Melaksanakan rujukan, Melaksanakan pencatatan dan pelaporan mengenai pelayanan posyandu Peran sebagai pengelola, perawat mempunyai fungsi: Melatih dan membina kader kesehatan dalam pelaksanaan tugas di posyandu.

0 Comments:

 

This Template is Brought to you by : AllBlogTools.com blogger templates